Pterygium – Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Anda Merupakan Salah Satu Dari Sekian Banyak Orang Yang Menderita Pterygium? Pahami Pterygium – Gejala, Penyebab dan Pengobatannya Ini

Apa Itu Penyakit Pterygium?

Pterygium atau dikenal juga dengan Surfer’s Eye merupakan kondisi yang membuat selaput pada bagian putih mata berubah menjadi keruh. Kondisi ini sering menyerang orang yang sering berada di luar, terutama peselancar maka itu disebut dengan Surfer’s Eye.

Pterygium merupakan pertumbuhan non-kanker yang sedikit menonjol dan terlihat pembuluh darah. Pterygium biasanya mulai dari bagian nasal mata atau tepi mata yang dekat dengan hidung dan menyebar ke arah tengah mata. Pertumbuhan bisa mencapai kornea bagian yang melindungi pupil dari mata. Bila terjadi maka kemampuan melihat bisa terganggu karena pterygium menghalangi masuknya cahaya melalui pupil. Masalah ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata. Apabila menyerang kedua mata kondisi ini disebut dengan bilateral pterygium.

Apakah Penyakit Pterygium Ini Berbahaya?

Kondisi ini paling sering muncul pada orang dewasa muda berusia 20-40 tahun dan jarang terjadi pada anak-anak. Pterygium lebih umum terjadi pada pria dibandingkan dengan wanita. Pterygium bisa ditangani dengan mengurangi faktor-faktor resiko yang ada.

Apa Saja Tanda-Tanda dan Gejala Pterygium?

Pada umumnya pterygium hanyalah berupa tumbuhnya selaput pada permukaan bola mata tanpa adanya keluhan yang lainnya. Akan tetapi kondisi ini juga bisa disertai dengan gejala lainnya diantaranya yaitu :

  • Mata menjadi merah
  • Iritasi, gatal atau perih pada mata
  • Pandangan menjadi samar atau kabur
  • Terasa ada yang mengganjal di mata apabila selaput pterygium tebal atau lebar
  • Timbul kemerahan pada daerah tumbuhnya daging pada mata
  • Pertumbuhan berwarna putih dengan pembuluh darah yang terlihat atau menonjol di sudut mata bagian dalam atau luar mata.

Apabila pertumbuhan mencapai kornea mata anda bisa menyebabkan gangguan pada penglihatan. Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan diatas. Apabila anda mempunyai kekhawatiran akan salah satu gejala tersebut ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Apa Yang Menyebabkan Terjadinya Pterygium?

Penyebab di balik penyakit pterygium ini masih belum dikehaui secara pasti. Akan tetapi kondisi ini lebih banyak terjadi pada mereka yang sering melakukan aktivitas luar ruangan. Pajanan sinar matahari, debu, asap dan angin diduga bisa berpotensi besar meningkatkan resiko terkena penyakit pterygium. Mata yang kering juga bisa diduga menjadi faktor yang bisa menyebabkan terjadinya mata pterygium.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan pterygium diantaranya yaitu :

  • Tinggal di negara yang dekat dengan khatulistiwa dimana anda lebih sering terpapar sinar matahari
  • Bekerja di luar ruangan
  • Iritan mata seperti debu, angin, pollen dan asap yang menyebabkan mata kering.

Apa Saja Pengobatan Yang Bisa Dilakukan Untuk Pterygium?

Pterygium biasanya tidak memerlukan perawatan jika masih gejala yang masih ringan. Apabila anda merasa gejala sangat membuat anda tidak nyaman anda bisa meminta rekomendasi dokter untuk :

  • Tetes mata pelumas, air mata buatan atau salpe
  • Penggunaan tetes mata vasokonstriktor
  • Penggunaan tetes mata steroid jangka pendek untuk meredakan peradangan.

Pada kasus yang sudah lebih serius atau apabila pterygium sudah menggangu penglihatan dokter akan merekomendasikan melakukan pengangkatan pterygium. Akan tetapi ada beberapa resiko kembalinya pterygium yang menjadi semakin agresif setelah di operasi. Mata anda juga bisa terasa kering dan irirtasi setelahnya. Maka dari itu anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apabila :

  • Perawatannya lainnya tidak berhasil
  • Anda beresiko untuk kehilangan penglihatan anda.

Operasi pterygium biasanya memerlukan 30-45 menit. Selama operasi pterygium akan diangkat dan konjungtiva (permukaan jaringan mata) atau membran amniotik (plasenta) digunakan untuk mengisi bagian yang kosong. Apabila ruang kosong tidak diisi resiko kembalinya pterygium meningkat hingga 50%. Dengan menggunakan graft resiko berkurang 5-10%.

Apa Saja Pengobatan Pterygium Yang Bisa Dilakukan Dirumah?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi pterigium:

  • Gunakan kaca mata hitam saat Anda di luar ruangan
  • Biarkan mata beristirahat di bawah tempat yang teduh setelah berada di luar ruangan
  • Gunakan tetes mata atau air mata buatan untuk melembabkan mata
  • Hindari debu, angin, asap, dan pollen

Ingin Mencegah dan Mengobati Pterygium Secara Herbal? Yang Aman Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping? Obat Herbal Pterygium Ini Solusi Terbaiknya~!


Pengobatan Pterygium yang terakhir adalah dengan mencoba menggunakan obat herbal. Mengapa harus menggunakan produk herbal? Karena produk herbal terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Obat Herbal Pterygium yang sudah sangat terbukti sangat efektif dan manjur untuk mencegah dan mengobati Pterygium secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING dengan HARGA yang sangat TERJANGKAU. Menggunakan Obat Herbal Pterygium merupakan solusi yang sangat tepat. Obat Herbal ini sudah sangat terpercaya dan terjamin khasiatnya. Tidak hanya itu Obat Herbal Pterygium ini juga terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami pilihan dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia. Untuk Lebih lengkap klik disini.

Mau tau info lebih lanjut? >>Klik Disini<<

Obat Herbal Pterygium

Best regards,

Ilham Nur Rizki Muharram
Pterygium – Gejala, Penyebab dan Pengobatannya
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 081320494019 (Telp.SMS)- 085261436601 (WhatsApp)- 5D55CD3A (BBM

Facebook Comments

Artikel Lainnya :

Walatra Berkah

Distributor Resmi Dari Produk Herbal Berkah Walatra

%d blogger menyukai ini: