Ketahui! Cara Mencegah Osteoporosis Paling Efektif

Anda Sudah Pernah Mendengar Penyakit Osteoporosis? Tidak Ingin Masa Tua Anda Terkena Penyakit Ini? Jangan Khawatir Lakukan Cara Mencegah Osteoporosis Paling Efektif Ini

Memahami Lebih Dalam | Penyakit Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit turunan langka yang membuat tulang orang yang menderitanya mengeras dan menebal secara tidak normal dan tidak mudah patah. Penyakit ini diakibatkan oleh rusaknya salah satu jenis sel tulang bernama osteoklas yang berfungsi untuk memecah jaringan tulang. Sedangkan rusaknya sel osteoklas disebabkan oleh mutasi gen.

Fungsi osteoklas tersebut sangat penting dalam memelihara, memperbaiki dan renovasi tulang-tulang. Osteoklas juga menjalankan proses resorpsi (penyerapan kembali) tulang yang membuat kadar kalsium dalam darah menjadi tetap terjaga.

Jenis dan Macam Dari | Penyakit Osteoporosis

Para ahli membedakan osteoporosis berdasarakan beberapa pola penyakit diwariskan dari seseorang ke keturunannya yaitu :

  • Pola autosomal dominant osteopetrosis (ADO). Penderita pada umumnya mendapat penyakit tersebut dari salah satu orang tua pengidap osteoporosis
  • Pola autosomal recessive osteopetrosis (ARO). Yaitu kedua orang tua yang memiliki gen yang telah bermutasi akan tetapi tidak menunjukkan gejala dan tanda klinis osteoporosis
  • X-linked. Jenis ini mempunyai pola dimana mutasi terjadi pada kromosom X kedua orang tua dan ibu bisa menyebakan munculnya osteoporosis pada anak
  • Intermediate autosomal osteopetrosis (IAO). Jeis osteoporosis ini mempunyai sifat pewarisan apakan menurut pola ADO atau ARO.

Ketahui! Cara Mencegah Osteoporosis Paling Efektif

Ada banyak sekali faktor resiko yang bisa menyebabkan osteoporosi yang tidak bisa diubah misalnya usia dan etnis. Untungnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu memperlambat proses pengeroposan tulang dan mencegah osteoporosis diantaranya yaitu :

>> Konsumsilah Lebih Banyak Kalsium

Kecukupan kalsium merupakan satu-satunya yang terpenting untuk mempunyai tulang sehat dan mempertahankan kekuatan tulang. Menurut data di Amerika banyak orang yang khususnya para wanita tidak mendapat cukup kalsium dalam makanan sehari-hari. Asupan kalsium harium yang dianjurkan bervariasi tergantung usia dan jenis kelamin.

  • Pria dewasa di bawah usia 70 tahun harus mengonsumsi sedikitnya 1.000 mg kalsium per hari. Pria di atas usia 70 tahun harus mengonsumsi kalsium sedikitnya 1.200 mg per hari.
  • Wanita dewasa di bawah 50 tahun harus mengonsumsi sedikitnya 1.000 mg kalsium per hari. Wanita di atas usia 50 tahun harus mengonsumsi 1.200 mg per hari. Wanita hamil atau menyusui harus mengonsumsi sedikitnya 1.300 mg kalsium setiap hari.
  • Kalsium tersedia dalam suplemen makanan. Dua bentuk utama kalsium adalah kalsium karbonat dan kalsium sitrat. Kalsium karbonat harus dikonsumsi dengan makanan. Kalsium sitrat dapat membantu orang-orang yang menderita penyakit radang usus atau gangguan penyerapan karena tidak harus dikonsumsi dengan makanan.Jika Anda sudah mendapat cukup kalsium dari makanan, jangan mengonsumsi suplemen kalsium kecuali jika dianjurkan dokter. Terlalu banyak kalsium dapat menimbulkan efek samping, termasuk kemungkinan batu ginjal.
  • Magnesium adalah mineral penting untuk tulang dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Makanan yang kaya magnesium di antaranya adalah serealia utuh, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. Akan tetapi, magnesium bersaing dengan kalsium dalam penyerapan dan justru dapat menyebabkan defisiensi kalsium jika kadar kalsium Anda sudah rendah. Jika Anda mendapat cukup kalsium dalam makanan, mungkin Anda tidak perlu mengkhawatirkan efek negatif magnesium.

>> Pilihlah sumber kalsium dari makanan

Kecil kemungkinan anda mengkonsumsi terlalu banyak kalsium jika sumber kalsium harian anda berasal dari makanan. Kalsium dari makanan juga bisa diserap dengan lebih mudah oleh tubuh.

  • Susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt adalah sumber kalsium yang sangat kaya. Susu juga biasanya diperkaya dengan vitamin A dan D. Susu kedelai yang telah diperkaya juga menyediakan kalsium, begitu juga dengan minuman lain yang diperkaya kalsium seperti jus.
  • Sayuran dengan sumber kalsium yang kaya antara lain adalah daun turnip, sawi cina (pakcoi), kale, dan brokoli. Yang mengejutkan, bayam bukan sumber kalsium yang sama bagusnya karena memiliki bioavailability (cara tubuh mengekstrak nutrisi) rendah yang disebabkan asam oksalat.
  • Sarden kaleng adalah sumber kalsium yang bagus karena Anda memakan tulangnya. Sarden juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang meningkatkan kesehatan otak.Sarden mengandung vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium.
  • Serealia biasanya diperkaya dengan kalsium. Pilihlah serealia sarapan dari gandum yang telah diperkaya kalsium dan nutrisi lain, serta rendah gula.

>> Konsumsi Lebih Banyak Vitamin D

Vitamin D membantu meningkatkan kemampuan tubuh menyerap kalsium dan dibutuhkan dalam pertumbuhan tulang. Pria dan wanita di bawah usia 70 tahun harus mendapatkan sedikitnya 600 IU vitamin D setiap hari, dan orang berusia diatas 70 tahun harus meningkatkan hingga 800 IU Per harinya.

  • Vitamin D tidak tersedia secara alami dalam kebanyak makanan. Ikan berlemak misalnya ikan todak, salmon, tuna dan makerel merupakan sumber vitamin D alami terbaik yang juga menyediakn asam lemak omega-3. Hati sapi, keju dan kuning telur juga mengandung Vitamin D akan tetapi dalam jumlah yang sedikit.
    Susu umumnya diperkaya dengan Vitamin D dan A.
  • Minuman dan serealia juga banyak yang telah diperkaya dengan Vitamin D.
    Anda bisa mengecek kandungan nutrisi setiap makanan dengan mengakses basis data yang saat ini telah banyak tersedia di internet salah satunya adalah basis Data Nutrisi USDA ini.
  • Vitamin D juga tersedia dalam bentuk suplemen makanan. Vitamin D tersedia dalam dua bentuk, yaitu D2 dan D3. Keduanya memiliki khasiat yang tampak sama dalam dosis reguler, walaupun D2 mungkin tidak terlalu berkhasiat dalam dosis tinggi. Orang-orang yang tinggal di daerah yang tidak mendapat cukup sinar matahari atau memiliki kulit gelap mungkin membutuhkan suplemen vitamin D yang lebih tinggi.

>> Perhatikan Asupan Garam

Konsumsi sodium yang sangat tinggi akan meningkatkan jumlah kalsium yang dilepaskan dalam urine. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi sodium lebih dari 2.400mg per hari.

Makanan kalengan dan olahan cenderung mempunyai kandungan garam yang tinggi. Apabila anda membeli makanan kalengan carilah label yang bertuliskan “rendah sodium” atau “tanpa garam tambahan”.

>> Cukupi Kebutuhan Protein

Banyak orang yang berusia lanjut tidak mendapatkan cukup protein dalam makanan. Sekitar 50% volume tulang terdiri dari protein. Wanita dewasa harus mengkonsumsi sedikitnya 46gram protein setiap hari sedangkan pria dewasa harus mengkonsumsi sedikitnya 56gram setiap harinya.

  • Akan tetapi, diet protein tinggi yang ekstrem seperti “diet Atkins” justru diasosiasikan dengan peningkatan risiko osteoporosis atau keretakan tulang.Beberapa studi lain mengindikasikan bahwa diet protein tinggi tidak memiliki efek pada kesehatan tulang,tetapi protein (dan lain-lain) sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah sedang. Makanlah banyak buah dan sayur, khususnya yang tinggi kalium untuk menangkal efek negatif pada penyerapan kalsium dari konsumsi protein.
  • Sumber protein yang juga kaya kalsium dan vitamin, seperti ikan berlemak, adalah pilihan yang cerdas.
  • Protein hewani yang kaya lemak jenuh, seperti daging merah dan produk olahan susu, dapat mengakibatkan masalah kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Dapatkan protein dari berbagai sumber, termasuk daging tanpa lemak, telur, sayur, dan serealia utuh.

>> Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga teratur sangat penting untuk mempertahankan kesehatan tulang dan kesehatan secara keseluruhan. Orang sakit atau orang tua yang banyak di tempat tidur atau orang yang menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk atau tidak aktif mempunyai resiko lebih tinggi menderita osteoporosis. Orang yang berlatih mengankat beban secara reguler disamping aktivitas harian rata-rata mempunyai kepadatan tulang yang lebih tinggi.

  • Olahraga yang mengharuskan Anda menggerakkan berat tubuh akan mendukung pertumbuhan tulang. Berolahragalah sedikitnya 30 menit setiap hari.
  • Wanita mencapai puncak massa tulang lebih awal dan memiliki ambang yang lebih rendah daripada pria. Dengan demikian, olahraga sangat penting bagi wanita.
  • Akademi Ahli Bedah Ortopedi Amerika menganjurkan aktivitas seperti jalan cepat, hiking, aerobika, tenis, dan latihan beban untuk membantu membentuk dan mempertahankan massa tulang.Walaupun bermanfaat luar biasa untuk kesehatan kardiovaskular, olahraga seperti berenang dan bersepeda tidak mengharuskan Anda menggerakkan berat tubuh, jadi tidak begitu bagus untuk membentuk tulang.

>> Berhenti Merokok

Merokok berbahaya untuk semua bagian tubuh termasuk tulang. Merokok diasosiasikan dengan resiko osteoporosis lebih tinggi. Berhenti merokok bisa dengan cepat mengurangi resiko banyak penyakit.

  • Jangan berpikiran karena anda sudah merokok bertahaun-tahun anda sudah terlalu tua atau sudah rusak. Walapun benar merokok bisa menimbulkan kerusakan pada kesehatan yang tidak bisa diperbaiki, berhenti akan mendatangkan manfaatnya secara lansgung misalanya penurunan denyut jantung dan tekanan darah. Resiko serangan jantung mulai bisa menurun hanya dalam 24 jam dengan efek penuh dalam 1-2 tahun. Paru-paru akan mulai kembali seperti kondisi sehat hanya dalam 1-9 bulan. Tidak ada kata terlamabt untuk berhenti merokok.

#TIPS

  • Pastikan anak mendapatkan kalsium yang cukup sesuai dengan pedoman pola makan
  • Apabila salah memilih alternatif susu seperti susu kedelai, susu beras atau susu almond bisa dipastikan anda membeli jenis yang telah diperkaya
  • Makanlah sayur hijau yang cukup. Sayuran berdaun hijau mempunyai kandungan kalsium yang tinggi dan juga Vitamin K yang bisa membantu penyerapan.

#PERINGATAN!

  • Jangan mengonsumsi kalsium berlebihan, khususnya dalam bentuk suplemen. Jika dikonsumsi berlebihan, kalsium dapat menimbulkan masalah kesehatan, memperparah radang sendi, dan menyebabkan nyeri otot.

Ingin Mencegah dan Mengobati Osteoporosis Secara Herbal? Yang Aman Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping? Obat Herbal Osteoporosis Ini Solusi Terbaiknya~!


Cara Mencegah Osteoporosis Paling Efektif yang terakhir adalah dengan mencoba menggunakan obat herbal. Mengapa harus menggunakan produk herbal? Karena produk herbal terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Obat Herbal Osteoporosis yang sudah sangat terbukti sangat efektif dan manjur untuk mencegah dan mengobati Osteoporosis secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING dengan HARGA yang sangat TERJANGKAU. Menggunakan Obat Herbal Osteoporosis merupakan solusi yang sangat tepat. Obat Herbal ini sudah sangat terpercaya dan terjamin khasiatnya. Tidak hanya itu Obat Herbal Osteoporosis ini juga terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami pilihan dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia. Untuk Lebih lengkap klik disini.

Mau tau info lebih lanjut? >>Klik Disini<<

Obat Herbal Osteoporosis

Best regards,

Ilham Nur Rizki Muharram
Ketahui! Cara Mencegah Osteoporosis Paling Efektif
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 081320494019 (Telp.SMS)- 085261436601 (WhatsApp)- 5D55CD3A (BBM

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    testimoni walatra gamat emas, testimoni walatra gamat emas kapsul

Artikel Lainnya :

Walatra Berkah

Distributor Resmi Dari Produk Herbal Berkah Walatra

%d blogger menyukai ini: