Efek Samping Operasi Tumor Jinak Parotis

Tumor jinak parotis merupakan pertumbuhan sel secara tidak normal yang terjadi pada kelenjar parotis akan tetapi sifatnya tidak ganas (maligant). Kelenjar parotis adalah salah satu dari tiga buah kelenjar air liur (saliva) yang ada di dalam tubuh. Kelenjar ini adalah kelenjar air liur terbesar dan terletak pada bagian depan telinga. Gangguan kelenjar air liur yang paling sering terjadi adalah pada kelenjar parotis. Penyebabnya bisa beragam dan tumor adalah salah satunya, disamping batu pada kelenjar air liur (sialolithiasis), infeksi kelenjar air liur dan kista.

Gejala Tumor Jinak Parotis

Gejala tumor jinak parotis yang biasanya timbul pada orang yang mengalami penyakit ini diantaranya yaitu :

  • Munculnya benjolan pada bagian wajah. Biasanya teramati ketika sedang mencuci muka atau mencukur
  • Nyeri pada bagian wajah (jarang terjadi). Nyeri muncul biasanya lebih diakibatkan oleh tumor yang pecah atau invasi tumor ganas ke jaringan lain
  • Paralisis pada saraf wajah. Paralisis pada wajag pada umumnya disebabkan oleh munculnya benjolan pada parotis yang mempunyai kemungkinan ganas. Akan tetapi kebanyakan paralisis pada saraf wajah dikarenakan oleh Bell’s Palsy
  • Munculnya benjolan pada bagian pangkal atau ujung kelenjar parotis.

Efek Samping Operasi Tumor Jinak Parotis

Untuk menangani dan mengobati tumor jinak parotis, operasi memang satu-satunya jalan apabila benjolan yang diakibatkan oleh tumor terasa mengganggu meskipun belum terlalu besar. Pengangkatan tumor ini paling sering ditempuh oleh orang yang menderita tumor jinak parotis. Pengangkatan akan dilakukan pada seluruh kelenjar parotis yang berada pada permukaan tersebut dan apabila memang ada dibagian permukaan (istilah mode ini disebut dengan parotidektomi superficial).

Hanya saja, selalu ada resiko atau efek samping dari tumor jinak parotis yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk menempuh langkah ini. Seperti operasi pada umumnya, efek, bahaya dan resiko selalu ada baik itu besar ataupun kecil. Adapun Efek Samping Dari Operasi Tumor Jinak Parotis diantaranya yaitu :

  • Cedera Pada Saraf Fasialis

Mungkin jarang yang mengetahui apa itu fasialis dan apa fungsi yang dijalankannya. Saraf fasialis adalah saraf kranialis yang ke 7 dimana peran yang dimainkannya yaitu sebagai pengatur indera perasa pada kulit wajah dan juga ekspresi manusia. Tugas dari saraf ini yaitu sebagai pemasok impuls otot-otot ekspresi wajah.

Selain itu, saraf ini juga mempunyai tugas untuk menyalurkan sensasi dari bagian anterior lidah dan rongga mulut. Ketika tumor jinak parotis terjadi dan harus diangkat melalui prosedur operasi tumor parotis dan apabila terjadi kesalahan dalam operasi maka akan menakibatkan cedera pada saraf ini. Ini juga akan mempengaruhi otot wajah dan otot stapedius yang akan berpengaruh terhadap pendengaran.

  • Telinga Akan Terasa Baal

Apabila dalam operasi terjadi kesalah, telinga akan terasa baal ini adalah efek sari operasi tumor jinak parotis yang akan membuat anda menjadi tidak nyaman. Ketika rasa baal terjadi pada telinga maka akan membuat rasa pada telinga menurun dan berkurang. Kenalu jenis penyakit yang menyerang telinga terlebih dahulu untuk memastikan kondisi telinga baal ini.

Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai efek ini sebelum menempuh operasi untuk mengangkat tumor jinak parotis. Berapa tingkat bahaya dari efek ini harus anda ketahui terlebih dahulu. Efek seperti ini biasanya terjadi pada pasien yang memilih untuk mengangkat dari jaringan parotis dibagian dalam secara menyeluruh.

  • Infeksi

Banyak sekali kasus operasi dimana infeksi menjadi salah satu komplikasi atau bahaya yang paling umum. Apabila infeksi terjadi setelah operasi dilakukan, anda tidak perlu terlalu mengkhawtirkan kondisi ini. Infeksi ini memang sering terjadi pada beberapa kondisi, seperti halnya deman yang akan disertai dengan rasa kedinginan sehingga akan membuat anda mengigil.

Akan tetapi kondisi gejala-gejala akibat infeksi tidak perlu menjadi kekhawatiran anda hanya perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan memberikan antibiotik sebagai solusi untuk menangani infeksi.

  • Mual dan Muntah

Tidak hanya infeksi, efek samping dari operasi tumor jinak parotis juga besar kemungkinan akan mengakibatkan mual dan muntah. Hal ini juga bisa dialami sebagai efek dari obat bius. Anestesi memang seringkali memberikan efek tersebut sehingga sangat wajar dan normal.

Apabila efek obat bius sudha hilang, rasa mual dan muntah juga akan otomatis berhenti. Akan tetapi mual dan muntah juga bisa terjadi pada pasien setelah opersai dan setelah pemberian obat dimana tubuh sekana tidak bisa menerima obat resep dokter. Konsultasilah dengan dokter agar segera ditangani.

  • Perdarahan

Operasi atau pembedahan merupakan tindakan medis yang selalu beresiko dengan perdarahan, termasuk untuk anda yang akan menempuh operasi tumor jinak parotis. Kondisi tubuh setiap orang dan juga kemampuan dokter bedah juga sangat berbeda-beda. Perdarahan berlebih bisa saja terjadi pada pasien, akan tetapi tentu saja dokter sudah siap dengan solusinya.

  • Rasa Nyeri

Sama halnya dengan metode operasi lainnya, efek operasi tumor jinak parotis juga bisa menimbulkan rasa nyeri pada bagian yang dioperasi. Sesudah efek dari anestesi atau obat bius hilang, area yang tadinya bertumor dan diangkat akan terasa nyeri dan tidak nyaman selama anda beraktivitas.

Hanya saja, ini juga masih tergolong wajar karena pada pasca pemulihan atau perawatan, rasa nyeri tersebut akan memudar dengan sendirinya. Untuk mengatasi masalah nyeri tersebut, dokter akan memberikan obat khusus penghilang rasa sakit atau pereda nyeri yang paling ampuh. Jika rasa nyeri tidak kunjung sembuh, maka anda harus mengecek kembali kondisi dari kelenjar parotis.

Efek Lainnya Dari Operasi Tumor Jinak Parotis

Ada beberapa efek lainnya yang juga bisa berpotensi pada orang yang menempuh jalur operasi untuk mengangkat tumor parotis. Sejumlah efek bisa termasuk ringan akan tetapi ada juga yang cukup serius dan harus mendapatkan penanganan secepatnya. Adapun beberapa resiko yang harus diwaspadai diantaranya yaitu :

  • Muntah darah
  • Nyeri dada
  • Sesak nafas
  • Batuk-batuk
  • Kemerahan pada bagian yang dioperasi

Orang yang menderita tumor jinak parotis yang akan menemouh jalur operasi untuk menyembuhkan penyakit tersebut maka harus bersiap dengan konsekuensi atau efek samping dari operasi yang akan terjadi.

Melihat banyaknya konsekuensi dan efek samping yang akan ditimbulkan oleh operasi atau pengangkatan tumor jinak parotis membuat anda berpikir kembali bukan? Tapi anda jangan khawatir operasi bukanlah satu-satunya jalan untuk menangani tumor jinak parotis, karena kini telah hadir Obat Tradisional Tumor Jinak Parotis yang sudah sangat terbukti sangat ampuh dan mujarab untuk melawan dan membasmi sel tumor baik yang jinak ataupun ganas termasuk tumor jinak parotis sampai keakarnya secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING.

Saatnya Mencegah dan Mengobati Tumor Jinak Parotis Dengan Menerapkan Perilaku CERDIK

  • Cek Kesehatan Secara Berkala
  • Enyahkan Asap Rokok
  • Rajin Aktivitas Fisik
  • Diet Sehat Dengan Kalori Seimbang
  • Istirahat Yang Cukup
  • Konsumsi Suplemen Tradisional Tumor Bernama “WALATRA BERRY JUS

Walatra Berry Jus dibuat dengan perpaduan bahan yang sangat lengkap yang masing-masing mempunyai khasiat yang sangat luar biasa untuk membasmi sel kanker dan tumor diantaranya yaitu Blueberry 10%, Acai Berry 10%, Ginkgo Biloba 15%, Goji Berry 15%, Madu 10%, Daun Sirsak 10%, Kulit Manggis 20% daun Daun Sirih 10%.

Baca Juga : Obat Tradisional Tumor Jinak Parotis

Best regards,

Ilham Nur Rizki Muharram
Efek Samping Operasi Tumor Jinak Parotis
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 081320494019 (Telp.SMS)- 085261436601 (WhatsApp)- 5D55CD3A (BBM)

Facebook Comments

Pencarian Kata :

    operasi tumor, tumor parotis, efek samping operasi tumor parotis, operasi tumor parotis, operasi tumor jinak, efek samping operasi telinga, fungsi neiuroid untuk pasien pasca opersi tumor temporal, efek samping setelah operasi, operasi kelenjar ludah, bagian mulut pecah2 dan luka sehabis operasi tumor jinak, apakah tumor siap dioperasi lansung sehat?, apa konsekuensi tumor jinak di mata apabila tdk dioperasi, bahaya tumor kalenjar ludah parotis, bahaya tumor parotis, bahayakah jika tumor parotis tidak dioprasi

Artikel Lainnya :

Walatra Berkah

Distributor Resmi Dari Produk Herbal Berkah Walatra

error: Kreatif Dongg!!
%d blogger menyukai ini: